Dibangun dengan anggaran 600 Juta TPS 3R Desa Tiron Mangkrak

  • Whatsapp

KEDIRI (DN) – Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah – Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) di wilayah Kabupaten Kediri diharapkan menjawab masalah persoalan sampah dari masyarakat. Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup, bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat serta melibatkan banyak unsur untuk mengatasi masalah sampah, khususnya pada tingkat desa. Diharapkan pengurangan sampah dalam skala desa akan dikelola secara baik melalui TPS 3R sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir. Pemilihan sampah di TPS 3R yang ada didesa untuk memanfaatkan limbah sampah yang dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali, selain memberikan nilai ekonomis juga dapat menyerap tenaga kerja.

Akan tetapi berbeda dengan yang terjadi di Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Selesai dibangun pada akhir Tahun 2022 dengan anggaran senilai Rp. 600.000.000,- justru sampai Bulan Oktober 2023 bangunan tersebut mangkrak. TPS 3R yang dibangun di Dusun Ngesong Desa Tiron RT 02 RW 01 yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2022 diduga kurang adanya kesiapan dari pengelola dan dibiarkan begitu saja sehingga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat penjemuran dan pemotongan tembakau.

Bacaan Lainnya

Sangat disayangkan dengan anggaran sebesar 600 Juta bangunan tersebut mangkrak dan tidak terawat. Dari hasil investigasi Tim Media dilokasi beberapa sisi bangunan seperti kamar mandi sangat kotor, pintunya pun sudah rusak. Diduga pembangunannya yang penting jadi dan mendapat proyek, sehingga setelah bangunan tersebut selesai pengelola diduga tidak siap memanfaatkan TPS 3R. Dari beberapa kasus yang pernah desa sangat antusias pada saat dapat bantuan proyek, berharap bisa dapat untung dari proyek.

Dari keterangan warga sekitar pengelola TPS 3R adalah Bu Priyami yang juga Kaur Umum Desa Tiron.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *