SiKaPal Kalahkan 21 Pemerintah Daerah se-Indonesia, Bupati Fauzi Raih Penghargaan

  • Whatsapp

SUMENEP (DN) – Di era digital, berbagai inovasi diluncurkan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tak ayal, inovasi yang diluncurkan seringkali mendapat penghargaan.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya Inovasi SiKaPal (Sistem Keamanan Pelayaran) meraih juara utama kategori Inisiatif Pemerintah Daerah Inspiratif APDI 2023.

Inovasi yang digagas Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo ini sukses mendapat apresiasi lantaran inovatif dan inspiratif.

Sekedar diketahui, Inovasi SiKaPal lahir dari kecemasan Bupati Fauzi setelah mengetahui evakuasi korban kecelakaan laut membutuhkan waktu lama. Karena update informasi kecelakaan laut lambat. Ditambah titik lokasi kecelakaan tak diketahui.

Kecemasan Bupati Fauzi akhirnya terjawab setelah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumenep mencipta alat pendeteksi lokasi kecelakaan laut yang diberi nama SiKaPal.

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, Kabupaten Sumenep memiliki banyak pulau dan sebagian besar warganya mengais rezeki dari melaut, sehingga keberadaan SiKaPal diharap bisa menekan korban kecelakaan laut yang menimpa warganya.

Karena itu, sejak SiKaPal resmi diluncurkan pada Juli 2023. Ada 20 alat SiKaPal yang diberikan kepada perahu nelayan atau kapal rakyat.

“Ini tahap awal. Pada perkembangan berikutnya alat SiKaPal akan ditambah setelah berkoordinasi dengan sejumlah kepala desa yang memiliki wilayah laut,” ujar Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo kepada media.

Menurut dia, Alat SiKaPal yang dipasang di setiap perahu nelayan atau kapal rakyat jika terjadi kecelakaan laut akan ecara otomatis memberi informasi lokasi kecelakaan ke Call Center 112 (posko pelayanan kedaruratan Sumenep).

“Dari posko Call Center diteruskan ke Basarnas dan instansi terdekat,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *