Kendalikan Jumlah Penduduk, BKKBN Gencarkan Program Vasektomi Gratis dengan Insentif Uang

  • Whatsapp
Dua bayi baru lahir di sebuah rumah sakit di Jakarta. Untuk mendorong laki-laki ikut serta lebih aktif dalam mengendalikan jumlah penduduk, BKKBN menggencarkan program vasektomi gratis dengan insentif uang. (Foto: Ilustrasi/Reuters).

Untuk mendorong laki-laki ikut serta lebih aktif dalam mengendalikan jumlah penduduk, BKKBN menggencarkan program vasektomi gratis dengan insentif uang.

Laju kenaikan jumlah penduduk Indonesia antara 2015-2023 memang melambat, tetapi jumlah penduduk saat ini hampir mencapai 280 juta jiwa. Selama ini program pengendalian jumlah penduduk utamanya ditekankan kepada perempuan, tetapi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menilai kini saatnya mendorong laki-laki untuk ikut serta lebih aktif dalam upaya ini. Salah satu di antaranya adalah dengan menerapkan program vasektomi gratis melalui pemberian insentif kepada laki-laki yang berkenan melakukannya.Diwawancarai VOA, Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) mengatakan hanya kurang dari lima persen laki-laki di Tanah Air yang menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, atau melakukan vasektomi. Hal ini dikarenakan miskonsepsi bahwa vasektomi akan menimbulkan dampak pada kesehatan seksual laki-laki. Padahal faktanya bukan demikian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *