Meniti Sejarah Jalur Kereta Api Pertama Dibangun di Indonesia, Kini Jadi Moda Trasportasi Populer Mayarakat

  • Whatsapp
Meniti Sejarah Jalur Kereta Api Pertama Dibangun di Indonesia, Kini Jadi Moda Trasportasi Populer Mayarakat

SURABAYA ( DN ) – Meniti sejarah perkeretaapian dengan terlebih dahulu kita menengok jalur pertama kereta api yang dibuat di Indonesia. Karena Kereta api saat ini menjadi salah satu moda transportasi populer yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mudik.

Jika meniti sejarah masa lalu, kereta api di Indonesia sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda dan pertama ada di dunia sejak 1800-an. Waktu itu, kereta api masih menggunakan mesin uap dengan roda-roda yang besar.

Bacaan Lainnya

Richard Trevithick, seorang insinyur dan penemu pertambangan asal Inggris, yang pertama membangun kereta api pada tahun 1804. Kereta api temuannya memberikan dunia mesin pertama yang dapat mengangkut barang dan orang dalam jumlah besar.

Sebelum ada kereta api, sudah ada jalur kereta yang digunakan untuk mengangkut orang dan barang. Namun, bukan ditarik oleh lokomotif bermesin melainkan dengan lembu atau kuda.

Setelah temuan pertama Richard Trevithick, kereta api menyebar ke berbagai wilayah penjuru dunia. Termasuk salah satunya ke wilayah Indonesia.

Meniti Sejarah Jalur Kereta Api Pertama Dibangun Di Indonesia, Kini Jadi Moda Trasportasi Populer Mayarakat 2

Kemunculan Kereta Api Pertama di Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *