IMF Dorong Sri Lanka Capai Kesepakatan Utang dengan China

  • Whatsapp
ILUSTRASI - Seorang vendor memegang uang kertas Sri Lanka saat bekerja di sebuah pasar di Kolombo, 13 Desember 2023. (Ishara S.KODIKARA/AFP). IMF mencapai kesepakatan tingkat staf dengan Sri Lanka, untuk membuka jalan bagi pencairan dana 337 juta dolar AS.

( DN ) – Sri Lanka harus mempercepat restrukturisasi utangnya dengan pemberi pinjaman bilateral utamanya, China, dan kreditur lain. Upaya ini untuk mempertahankan pemulihan dari krisis ekonomi terburuk negara itu, kata Dana Moneter Internasional (IMF), Kamis (21/3).

Sri Lanka gagal membayar tagihan eksternal sebesar 46 miliar dolar AS pada April 2022, setelah negara itu kehabisan mata uang asing untuk pembiayaan, bahkan bagi sejumlah komoditas impor utama seperti makanan, bahan bakar dan obat-obatan.

Bacaan Lainnya

Protes selama berbulan-bulan telah memaksa mantan presiden Gotabaya Rajapaksa untuk turun ketika itu, setelah dituduh melakukan korupsi dan salah kelola.

IMF mengatakan, pihaknya telah mencapai kesepakatan tingkat staf dengan Sri Lanka, untuk membuka jalan bagi pencairan dana 337 juta dolar AS. Dana ini merupakan pencairan bertahap ketiga dari program dana talangan 2,9 miliar dolar AS selama empat tahun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *