China Jadi Salah Satu Investor Utama Proyek Ibu Kota Nusantara

  • Whatsapp

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta dikenal akan populasinya yang padat, lingkungannya tercemar, dan rentan terhadap gempa bumi. Tak jarang Jakarta juga digambarkan sebagai kota yang akan paling cepat tenggelam di dunia, karena pengambilan air tanah dan perubahan iklim.

Semua hal tersebut, ditambah dengan kepentingan pemerintah untuk mendistribusikan peluang dan kesejahteraan secara lebih adil di antara 17.000 pulau di Tanah Air, turut mendorong pengumuman Presiden Joko Widodo pada Augustus 2019 tentang rencana pemindahan ibu kota dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan dan menciptakan pemerintahan yang cerdas, “kota hutan lestari”, yang kemudian sebut Nusantara atau IKN.

Bacaan Lainnya
Dalam citra satelit Earth Observatory NASA yang diambil pada April 2022 ini, tampak pemandangan lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di pulau Kalimantan. (Foto: NASA Earth Observatory/AFP)
Dalam citra satelit Earth Observatory NASA yang diambil pada April 2022 ini, tampak pemandangan lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di pulau Kalimantan. (Foto: NASA Earth Observatory/AFP)

Sejak saat itu, Pemerintah Indonesia membayangkan investor asing akan mendanai pembangunan Nusantara, yang akan memakan dana $32 miliar atau setara lebih dari 500 triliun rupiah dengan kurs saat ini.

Kini, beberapa bulan sebelum tahap pertama diresmikan pada 17 Agustus, entitas China muncul sebagai salah satu blok investor terbesar dalam proyek yang dipandang sebagai proyek warisan Presiden Joko Widodo. Pengerjaan pembangunan IKN sendiri sudah dimulai pada Agustus 2022.

Singapura menunjukkan minat paling besar, disusul Jepang. Malaysia dan China berada di peringkat ketiga.

Namun penyerahan surat minat hanyalah langkah pertama dalam proses yang memakan waktu. Desain untuk wilayah seluas 260.000 hektar (642.474 acre) itu akan selesai pada Agustus 2045, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia dari pemerintahan kolonial Belanda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *