Permintaan Terus Melonjak, Perusahaan-perusahaan Energi Genjot Eksplorasi Gas di Asia Tenggara

  • Whatsapp
Rig produksi minyak dan gas lepas pantai Pertamina Mike-Mike di lepas pantai Jawa Barat, 16 Juli 2015. (Foto: Wahyu Putro A/Antara via Reuters)

( DN ) – Perusahaan-perusahaan energi menggenjot kegiatan eksplorasi gas di wilayah Asia Tenggara untuk meningkatkan hasil produksi guna memenuhi permintaan yang terus tumbuh dalam jangka panjang. Hal tersebut didorong oleh sejumlah penemuan sumber baru-baru ini serta adopsi kebijakan investasi yang lebih baik, seperti yang diungkapkan oleh para eksekutif dan analis perusahaan.

Baru-baru ini, Malaysia dan Indonesia mencatat prestasi dalam penemuan sumber daya energi di sektor hulu, termasuk penemuan besar yang dilakukan oleh Mubadala Energy di Blok Andaman Selatan. Hal itu terjadi setelah investasi di sektor tersebut menurun sejak harga minyak merosot pada 2015.

Bacaan Lainnya

Stefano Raciti, sebagai chief operating officer Mubadala Energy, mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan populasi di wilayah tersebut diperkirakan akan memicu permintaan gas yang berkelanjutan. Dampaknya, permintaan gas diproyeksikan akan mencapai puncaknya sebelum 2040. Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa “ada peluang besar untuk melakukan investasi di sektor gas dan LNG (gas alam cair).”

“Di Asia Tenggara, kami yakin hal ini berarti melanjutkan investasi dalam eksplorasi dan memperluas produksi gas,” tambahnya.

Seorang pekerja PT Pertamina memanjat alat ukur di sumur minyak mentah di Pulau Bunyu, Kalimantan Timur, 8 Februari 2011. (Foto: Reuters)
Seorang pekerja PT Pertamina memanjat alat ukur di sumur minyak mentah di Pulau Bunyu, Kalimantan Timur, 8 Februari 2011. (Foto: Reuters)

Mubadala sedang melakukan upaya untuk memperluas produksi di ladang gas Pegaga di Malaysia. Di ladang tersebut, dua perusahaan energi besar akan terlibat untuk pertama kalinya melalui akuisisi baru-baru ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *