Israel Klaim Sebagian Besar Warga Gaza Tewas Terinjak Saat Berebut Bantuan

  • Whatsapp
Warga Palestina mengambil karung-karung berisi tepung dari sebuah truk bantuan dekat pos pemeriksaan Israel di Kota Gaza, 19 Februari 2024. (Foto: Kosay Al Nemer/Reuters)

Militer Israel, Minggu (3/3), mengklaim mayoritas warga yang tewas saat berebut bantuan kemanusiaan di Gaza karena terinjak-injak. Namun, pejabat kementerian kesehatan setempat menyatakan para korban yang dilarikan ke rumah sakit ditembaki amunisi berkaliber besar.

(MDN) – Israel menghadapi tekanan yang semakin besar atas tewasnya sejumlah warga Palestina dalam insiden di Jalur Gaza pada Kamis (29/3). Saat itu, tentara Israel melepaskan tembakan ketika massa berkerumun untuk mendapatkan bahan makanan dari rombongan truk bantuan kemanusiaan yang masuk ke wilayah itu.

Bacaan Lainnya

Pejabat kementerian kesehatan di Gaza mengatakan lebih dari 115 orang tewas dalam insiden pada dini hari itu; sebagian besarnya ditembaki tentara Israel. Sebaliknya, pejabat Israel membantah jumlah korban yang disebutkan pihak Palestina, tanpa memberikan angka estimasi mereka sendiri.

Pada Minggu (3/3), Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Force/IDF), Laksamana Muda Daniel Hagari, mengumumkan hasil penyelidikan awal yang menegaskan kembali pernyataan Israel sebelumnya bahwa sebagian besar korban tewas karena terinjak-injak, ketika massa mengerumuni truk-truk bantuan itu.

Selain itu, Hagari mengatakan, “beberapa orang” terkena tembakan pasukan Israel yang dilepaskan ke arah orang-orang yang mendekati mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *