Pengadilan PBB akan Evaluasi Implikasi Pendudukan Israel

  • Whatsapp
Orang-orang melakukan protes untuk mendukung warga Palestina di Gaza selama unjuk rasa di Istanbul, Turki, 17 Februari 2024. (Foto: AP)

(DN) – Pengadilan tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai Senin (19/2) akan menggelar sidang mengenai implikasi hukum pendudukan Israel di wilayah Palestina sejak 1967. Sebanyak 52 negara diperkirakan akan memberikan bukti yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Negara-negara tersebut termasuk Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China akan memberikan pandangan kepada para hakim selama seminggu di Istana Perdamaian di Den Haag, tempat Mahkamah Internasional (ICJ).

Bacaan Lainnya

Pada Desember 2022, Majelis Umum PBB meminta ICJ untuk memberikan “pandangan” yang tidak mengikat mengenai “implikasi hukum yang timbul dari kebijakan dan praktik Israel di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur.”

Meskipun pendapat ICJ tidak mengikat, hal tersebut muncul di tengah meningkatnya tekanan hukum internasional terhadap Israel atas perang di Gaza yang dipicu oleh serangan brutal Hamas pada 7 Oktober.

Sidang-sidang tersebut terpisah dari kasus kontroversial yang diajukan oleh Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan tindakan genosida selama serangan Gaza pada saat ini.

Warga Palestina berkumpul di dekat lubang besar di Rafah pada 18 Februari 2024, menyusul serangan udara Israel semalaman di kota perbatasan selatan Jalur Gaza. (Foto: AFP)
Warga Palestina berkumpul di dekat lubang besar di Rafah pada 18 Februari 2024, menyusul serangan udara Israel semalaman di kota perbatasan selatan Jalur Gaza. (Foto: AFP)

ICJ pada Januari memutuskan bahwa Israel harus melakukan segala upaya untuk mencegah genosida dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza. Namun ICJ tidak memerintahkan dilakukannya gencatan senjata.

Pada Jumat, mereka menolak upaya Afrika Selatan untuk menerapkan tindakan tambahan terhadap Israel. Namun menegaskan kembali perlunya melaksanakan keputusan tersebut secara penuh.

Pekerjaan Berkepanjangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *