Bagaimana Pasar Merespons Hasil Hitung Cepat Pilpres?

  • Whatsapp
Aktivitas sebuah TPS di Surakarta, Jawa Tengah, 14 Februari 2024. (Foto: REUTERS/Willy Kurniawan)

Selama pekan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024, pasar memberikan respons cukup positif.

Data perdagangan saham pada pekan ini mayoritas ditutup di zona hijau. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (15/2) naik 1,46 persen atau 105,19 poin menjadi 7.314,93 pada pembukaan perdagangan. Sementara pada perdagangan Jumat (16/2), IHSG ditutup menguat 0,63 persen atau naik 46,018 poin ke level 7.349,299.

Bacaan Lainnya

Analis pasar modal Hans Kwee mengatakan hasil hitung cepat atau quick count sementara yang menempatkan paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul disambut baik oleh pasar. Meski begitu, menurutnya, secara umum pasar saham selalu menyambut positif siapapun paslon yang memimpin.

“Memang menjadi kebiasaan di pasar itu, setiap kali ada pemimpin baru pasar selalu menguat karena ada ekspektasi baru, harapan tentang pemerintahan,” ungkap Hans.

Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rekapitulasi nasional hasil pemilu di kantor KPU Jakarta pada 15 Februari 2924. (Foto: AFP)
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rekapitulasi nasional hasil pemilu di kantor KPU Jakarta pada 15 Februari 2924. (Foto: AFP)

Selain itu, berjalannya pilpres di Indonesia dengan baik sejauh ini menjadi salah satu faktor IHSG berada di zona hijau. Kenapa? Karena satu faktor ketidakpastian tentu menjadi berkurang. Hans menjelaskan dari faktor eksternal atau global, pasar masih diliputi berbagai ketidakpastian seperti menunggu kapan The Federal Reserve akan menurunkan suku bunga acuan mereka, serta berbagai konflik di Timur Tengah yang tak kunjung usai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *