Apa Peran Gibran Jika Terpilih Jadi Wapres?

  • Whatsapp
Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo saat kampanye di Sumedang, Jawa Barat, 9 Februari 2024. (Foto: Antara/Raisan Al Farisi/via REUTERS)

(DN) – Segala sesuatu tentang calon wakil presiden berusia 36 tahun ini – mulai dari penampilan, tingkah laku hingga suara baritonnya – mengingatkan kita pada ayahnya, Presiden Joko Widodo yang sangat populer dan dikenal sebagai Jokowi.

Banyak pemilih mengatakan mereka tertarik pada calon presiden, Prabowo Subianto, salah satunya karena mantan komandan jenderal tersebut bersanding dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Bacaan Lainnya

Pasangan Prabowo-Gibran mengantongi sekitar 58 persen suara dalam “penghitungan cepat” atau quick count tidak resmi yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei independen setelah pemilu usai digelar pada Rabu (14/2). Hitung cepat semacam itu terbukti akurat pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Hasil hitung cepat menempatkan Gibran menjadi wakil presiden termuda dalam sejarah negara ini. Namun, ada perbedaan yang jelas antara Jokowi dan putra milenialnya.

Balon calon Presiden Prabowo Subianto, kiri, dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, dipajang saat kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, 10 Februari 2024. (Foto: AP)
Balon calon Presiden Prabowo Subianto, kiri, dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, dipajang saat kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, 10 Februari 2024. (Foto: AP)

Sebelum menjadi presiden pada 2014, Jokowi telah menjabat menjadi wali kota Solo dan gubernur DKI Jakarta selama 10 tahun, sementara Gibran baru dua tahun menjabat sebagai wali kota.

Saat Jokowi sebelumnya dianggap sebagai orang yang berhasil mendobrak hambatan-hambatan lama dan membuka era demokrasi baru, naiknya Gibran justru dinilai sebagai langkah nepotisme dan pelanggaran konstitusi.

Jokowi menuai kritik pedas karena diduga ikut campur tangan. Ia terlihat tampil bersama Menteri Pertahanan Prabowo setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan keputusan terkait usia capres/cawapres yang memudahkan Gibran melenggang menjadi RI-2.

Namun Jokowi menepis tuduhan dia ikut campur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *