WNI di AS Mencoblos Lebih Dulu, Generasi Muda Gairahkan Pemilu

  • Whatsapp
Pemilih berdatangan ke TPSLN di Wisma Indonesia, Washington DC. (Foto: Courtesy)

Pemilu 2024 akan diwarnai mayoritas suara pemilih muda. Tak sekadar menggunakan hak pilih, sebagian dari mereka pun berperan aktif menjadi panitia pemungutan suara untuk memastikan kelancaran pemilu.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 56% pemilih pada Pemilu 2024 adalah mereka yang tergolong dalam kategori generasi Z dan milenial, dengan rentang usia 17-43 tahun. Keterlibatan mereka pun menjadi sorotan penting dalam kontestasi politik kali ini.“Indonesia punya karakteristik demografi yang sangat menarik; generasi muda dan pemilih muda memiliki proporsi yang sangat besar dalam pemungutan suara tahun ini. Ini tentunya akan mengubah arah politik. Partai-partai politik mencoba mencari cara untuk menjangkau kaum muda, dan terlibat dalam kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan pilihan mereka,” jelas Andreyka Natalegawa, peneliti untuk program Asia Tenggara di CSIS Washington, D.C.

Bacaan Lainnya

Bagi warga negara Indonesia di Amerika Serikat, pemungutan suara dilaksanakan lebih awal, yaitu pada Sabtu, 10 Februari. Di Ibu Kota AS, Washington, D.C., warga mulai berdatangan ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang berlokasi di Wisma Indonesia sejak pukul 08.00.

Sejumlah pemilih muda usai melaksanakan hak pilih dalam Pemilu 2024 di TPSLN Los Angeles, Sabtu, 10 Februari 2024. (Foto: Rivan Dwiastono/VOA)
Sejumlah pemilih muda usai melaksanakan hak pilih dalam Pemilu 2024 di TPSLN Los Angeles, Sabtu, 10 Februari 2024. (Foto: Rivan Dwiastono/VOA)

Jelang pukul 16.00, TPSLN mulai dipadati warga yang baru bisa mendaftar untuk masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

DPTb mengacu pada pemilih yang terdaftar di DPT suatu TPS, namun mengajukan pindah lokasi ke TPS lain karena kondisi tertentu, sedangkan DPK adalah pemilih yang memiliki identitas kependudukan, namun belum terdaftar sebagai pemilih dalam DPT atau DPTb. Selama surat suara sisa masih tersedia, pemilih dapat registrasi untuk masuk ke DPK di TPS yang didatanginya.

VOA mewawancarai sejumlah WNI muda yang datang ke TPS Washington, D.C. Mereka umumnya adalah mahasiswa yang tengah melanjutkan studinya di kampus-kampus AS.

Jannatiha, WNI yang tinggal di Baltimore. (Foto: Dok Pribadi)
Jannatiha, WNI yang tinggal di Baltimore. (Foto: Dok Pribadi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *