Mahasiswa Protes Dugaan Campur Tangan Pemilu Pemerintahan Jokowi

  • Whatsapp
Seorang pengunjuk rasa mengacungkan poster bergambar Presiden Joko Widodo yang dirusak saat aksi protes, menuntut pemilihan presiden yang adil di Yogyakarta, Senin, 12 Februari 2024. (AP/Slamet Riyadi)

(DN) – Ratusan mahasiswa dan aktivis Indonesia menggelar demo, Senin (12/2) atas apa yang mereka pandang sebagai penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Presiden Joko Widodo untuk memengaruhi pemilih dalam pemungutan suara minggu ini, agar lebih memilih Prabowo Subianto, kata para penyelenggara.

Jokowi, petahana, belum secara eksplisit mendukung salah satu dari tiga kandidat yang bersaing untuk menggantikannya sebagai pemimpin negara demokrasi terbesar ketiga di dunia ini. Namun, dia telah sering tampil bersama Prabowo, dan putra sulungnya, yang juga mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Bacaan Lainnya

Dua survei opini pekan lalu memproyeksikan Prabowo bisa memperoleh lebih dari 50 persen suara pada Rabu (14/2), sehingga memungkinkan dia menang dalam satu putaran. Saingan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masing-masing mencatat setidaknya 27 dan 31 poin di belakangnya.

Sebagian pemilih mempermasalahkan anggapan kurangnya netralitas yang ditunjukkan oleh Jokowi, dengan mengatakan bahwa hal tersebut merusak demokrasi Indonesia dengan memberikan keuntungan yang tidak adil kepada salah satu kandidat.

Spanduk Aksi 'Gejayan Kembali Memanggil" di Yogyakarta. (Twitter/rgantas)
Spanduk Aksi ‘Gejayan Kembali Memanggil” di Yogyakarta. (Twitter/rgantas)

Para mahasiswa berkumpul di Yogyakarta, memukul-mukulkan bambu dan memegang poster bertulisan “seret Jokowi dan kroni-kroninya ke pengadilan.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *