Ketua KPU: Pemilu di Indonesia Dianggap Paling Rumit di Dunia

  • Whatsapp
Para pekerja memuat kotak suara ke dalam truk untuk didistribusikan ke TPS menjelang pemilu di Medan, Sumatra Utara, 12 Februari 2024. (Foto: AP)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut bahwa pemilihan umum (pemilu) di Tanah Air dianggap paling rumit di dunia. Mengapa demikian?

Ketua KPU Hasyim Asyari mengatakan kajian dari pengamat dan ahli pemilu internasional menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pelaksanaan pemilu paling rumit di dunia.“Setidak-tidaknya ya ini sebagai konsekuensi dari sistem. Pilihan sistem pemilu proporsional dengan daftar calon terbuka,” ungkap Hasyim dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/1).

Bacaan Lainnya

Hasyim menjelaskan, dalam pesta demokrasi tahun ini, KPU setidaknya mengorganisasi 2.749 daerah pemilihan, bukan saja untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. namun, juga untuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta DPD RI.

“Sehingga KPU harus mendesain 2.749 ragam atau jenis atau desain surat suara karena masing-masing dapil calonnya beda-beda. Ini di antaranya yang kemudian dianggap pemilu di Indonesia ini paling rumit di dunia,” jelasnya.

Petugas melakukan perhitungan kartu suara pada pemilu legislatif 2014 di sebuah TPS di DKI Jakarta, 9 April 2014. (Foto: dok).
Petugas melakukan perhitungan kartu suara pada pemilu legislatif 2014 di sebuah TPS di DKI Jakarta, 9 April 2014. (Foto: dok).

Selain itu, katanya, berdasarkan pengamatan para ahli juga disebutkan bahwa pemilu di Indonesia adalah yang paling singkat di dunia. Hal ini dimaksudkan dalam konteks waktu pemungutan suara yang hanya berlangsung selama enam jam mulai dari pukul 7.00 hingga 13.00 waktu setempat,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *