Survei LSI: Prabowo-Gibran Raih 51,9 Persen Dukungan Pemilih share Survei LSI: Prabowo-Gibran Raih 51,9 Persen Dukungan Pemilih

  • Whatsapp
Para pendukung calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam kampanye akbar di Jakarta, Sabtu, 10 Februari 2024. (Foto: Adek Berry/AFP)

Jajak pendapat terbaru oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming meraih dukungan terbanyak dibanding pasangan lainnya. Namun, peluang pemilihan presiden (Pilpres) satu atau dua putaran masih sama-sama terbuka.

(DN) – Berdasarkan survei LSI yang menggunakan simulasi surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, pasangan Prabowo-Gibran diproyeksikan akan mendapat dukungan suara 51.9 persen, disusul pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,3 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 20,3 persen, belum memberikan jawaban 4,4 persen.

Bacaan Lainnya

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, mengatakan tren pilihan pasangan presiden pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming meningkat tanpa ada penurunan sejak Oktober 2023. Pada Oktober 2023, dukungan pada pasangan Prabowo-Gibran sebesar 34 persen, yang melesat menjadi 45,6 persen pada Desember 2023, lalu naik menjadi 47 persen pada Januari 2024, dan terakhir 51 persen pada Februari 2024. Tren kenaikan dukungan kepada pasangan nomor urut 2 itu terjadi setelah diumumkannya Gibran sebagai cawapres Prabowo.

“Begitu Gibran masuk, diumumkan, langsung memberikan sinyal yang jelas kepada para pemilih bahwa Pak Jokowi berada di 02, lalu terjadi lompatan dukungan sekitar 10 persen, lalu setelah itu di masa kampanye itu angkanya terus naik,” jelas Jayadi Hanan dalam Rilis Temuan Survei Nasional Elektabilitas di Masa Akhir Kampanye dan Peluang Pilpres Satu atau Dua Putaran, Sabtu (10/2).

Survei itu dilaksanakan pada 29 Januari hingga 5 Februari 2024 lalu, melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara acak melalui metode multistage random sampling. Survei secara tatap muka itu memiliki margin of error plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD menghadiri kampanya akbar di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 10 Februari 2024. (Foto: Willy Kurniawan/Reuters)
Calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD menghadiri kampanya akbar di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 10 Februari 2024. (Foto: Willy Kurniawan/Reuters)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *