Pemilu 2024: Jaga dan Awasi Melalui Aplikasi

  • Whatsapp
Seorang pria berjalan melewati spanduk KPU yang memperlihatkan foto-foto calon presiden di Jakarta, 22 Januari 2024. Indonesia dijadwalkan mengadakan pemilihan presiden pada 14 Februari. (AP/Dita Alangkara)

Penambahan atau pengurangan suara, perubahan data, pemilih ganda, hanya sedikit dari begitu banyak kemungkinan kecurangan selama pemungutan suara Pemilu 2024. Sejumlah aplikasi lahir, sebagai prakarsa warga untuk menekan potensi kecurangan ini.

Kecurangan pemilu bukan isu baru. Dalam setiap penyelenggaraannya, selalu muncul kekhawatiran ada upaya pihak-pihak tertentu untuk bermain culas. Seiring waktu, kesadaran masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pemilu terus menguat, dan teknologi memudahkan upaya itu.Tahun ini misalnya, sejumlah aplikasi tersedia bagi warga untuk turut melakukan pengawasan. Beberapa yang tersedia untuk diunduh antara lain adalah Jagasuaramu.id, Warga Jaga Suara, dan JagaSuara2024.

Bacaan Lainnya

Shofwan Al Banna adalah salah satu pendiri Jagasuaramu.id. Dia menjelaskan cara sederhana bagi pemilih, untuk ikut mengamankan suaranya.

“Ke Google Playstore, download, dan nanti setelah download dan registrasi. Nanti teman-teman bisa melakukan dua hal; melaporkan kecurangan Pemilu, di situ ada fiturnya dan yang kedua adalah melakukan rekap terhadap hasil pemilihan di TPS masing-masing. Dan nanti silakan difoto, diunggah supaya nanti hasilnya terjaga dan tidak dimanipulasi,” kata Shofwan.

Pengawas KPU Kota Depok berjalan melewati kotak suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Kota Depok pada Rabu (10/1) di Cibinong, Jawa Barat. (VOA/Indra Yoga)
Pengawas KPU Kota Depok berjalan melewati kotak suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Kota Depok pada Rabu (10/1) di Cibinong, Jawa Barat. (VOA/Indra Yoga)

Aplikasi ini lahir, karena Shofwan dan teman-temannya melihat keresahan yang dirasakan masyarakat sipil dan civitas kampus. Pemilih khawatir pemilu akan terdistorsi oleh kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *